Selasa, 14 Oktober 2008

KONEKSI SPEEDY

Koneksi Speedy, dimana menggunakan transmisi data ADSL sebagai medianya, baik yang menggunakan ip statis (unlimited bandwidth) maupun ip dinamis (limited bandwitdh) sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk remote server. Ada beberapa macam konfigurasi jaringan yang bisa dipakai, tentunya dengan kurang lebih masing-masing.

  1. Garis Merah. Disini server juga menjadi router, sehingga server harus dikonfigurasikan sebagai router juga. Kelemahan disini adalah server bisa dikenali oleh pihak luar jika ip publiknya diketahui. Jika tidak dimanfaatkan sebagai router, maka yang bisa terhubung dengan internet hanyalah server saja.
  2. Garis Hijau. Konfigurasi disini modem ADSL berfungsi juga sebagai router, dan langsung terkoneksi dengan switch hub. Dengan konfigurasi khusus, salah satu pc yang terhubung ke jaringan bisa diset ip publik, namun tidak bisa digunakan untuk remote server karena ketika diubah menjadi ip publik, maka koneksi ke server menjadi terputus.
  3. Garis Biru. Konfigurasi seperti ini yang paling optimal, namun sedikit kerja lebih dan resiko terkena spamming lebih besar (terkecuali linux router). Dengan memasang salah satu pc client menjadi router, maka pekerjaan / sistem tetap berjalan, dan kegiatan remote server tetap bisa dilakukan.

Tidak ada komentar: