Rabu, 15 Oktober 2008

TERHINDAR DARI VIRUS

Computer virus is a computer program that can copy itself and infect a computer without permission or knowledge of the user (http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_virus).
Kalo saya indonesiakan, kira2 begini : Virus adalah program komputer yang bisa menggandakan dirinya sendiri dan menginfeksi komputer tanpa sepengetahuan penggunanya.

Bagi siapa saja yang pernah menggunakan komputer, mestinya pernah mendengar tentang virus. ya.. sekilas ketika kita mendengarkan tentang kata ini, pasti yang terfikir dalam benak anda yang pernah terkena virus adalah : sial, menjengkelkan, menyebalkan, hmm.. pingin tak gebukin yang bikin, dst…. kalo menurut anda gimana ? menyebalkan gk ? PASTINYA… SECARA GITU LOH….. :Dgimana nggak ? komputer yang seharusnya kuenceng, jadi super lelet. Program - program yang seharusnya berjalan, malah hilang entah kemana. File skirpsi yang seharusnya dicetak dan diajukan ke dosen untuk disidang, malah mabur nggak jelas kemana. Kira2 itulah gejala - gejala yang umum ketika komputer terkena virus. wah.. repot juga ya.. ato anda adalah salah satu korban ? hmmm….berikut ini ada beberapa tips dan trik bagaimana supaya komputer terhindar dari serangan virus. Paling tidak meminimalkan…Sebelum saya lanjutkan tentang bagaimana mencegah virus, ada baiknya kita kenali dulu bagaimana cara kerja virus secara umum.

Biasanya, virus akan membuat komputer kita jadi lebih lelet dari sebelumnya. jikalau kita merasakan ada gejala - gejala seperti itu ? bisa jadi komputer kita sudah kena virus.. bisa jadi loh.. tetapi belum tentu, karena lambatnya komputer bisa salah satu penyebabnya adlah virus tetapi masih banyak juga faktor lain. oleh karena itu, harus ada analisa yang lebih lanjut apakah komputer kita kena virus ato tidak.

Virus akan berusaha menggandakan dirinya sendri sebanyak2nya sehingga komputer penuh sesak dengan virus. Kalo ada file - file yang tidak dikenal dan dalam jumlah yang besar, bisa dicurigai kalo komputer kita sudah terkena virus.

Virus akan membuat dirinya dijalankan ketika komputer dihidupkan. Virus akan menambahkan dirinya dalam registry. Untuk memeriksanya, klik Start -> Run kemudian ketik msconfig kemudian tekan enter. Jika program msconfig tidak bisa dibuka, ato dibuka trus nutup lagi ato bahkan komputer restart, hmm.. bisa dipastikan komputer sudah terkena virus. Atau jika bisa dibuka, kemudian ada entry2 yang aneh, ada program yang dirasa tidak pernah diinstall tetapi ada nongol di situ, hm….. bisa juga kita curigai sebagai virus… kira - kira seperti itulah gejala - gejala kalo komputer kita terserang virus meskipun masih banyak gejala yang lain. Itu tergantung dari jenis virusnya. masing - masing virus punya gejala yang berbeda - beda.

Bagaimana Virus menyebar ?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang serint ditanyakan. Virus menyebar melalui beberapa cara.

  • Email

Virus seringkali disebarkan melalui email. bahkan cara seperti ini yang paling banyak digunakan. Si penyebar virus mengirimkan email ke kita dengan subject dan isi email yang menarik. Biasanya, email tersebut berisi lampiran (attachment) yang berupa program (.exe) atau berupa gambar (.jpg, .gif, .png) yang sudah disisipkan virus di dalamnya. Dan secara tidak sadar kita membuka/menjalankan file tersebut. Misalnya sebuah contoh, ada virus dengan melampirkan file gambar riyani jangkaru. Padahal, file terserbut bukanlah file gambar melainkan virus. Si penerima email merasa terarik karena pada saat itu, riyani jangkaru adalah artis yang lagi terkenal di salah satu stasiun televisi swasta yang memandu acara petualangan naik gunung dan semacamnya.

Teknik semacam itu sering disebut dengan social engineering. So, hati - hati terhadap kiriman email dari orang yang tidak anda kenali apalagi yang mengandung attachement

  • Flash Disk, Diskette, Harddisk portable

Jika kita sering bertukar data dengan menggunakan diskette, flashdisk ato harddisk portable, hati - hati saja, karena ada kemungkinan komputer kita bisa terserang virus yang sudah ada di dalam perangkat terserbut. Virus yang sebelumnya sudah ada akan menginfeksi komputer kita baik kita yang menjalankan secara sengaja atau tidak. Karena virus biasanya menyamar menjadi folder dan bagi kita yang tidak tahu akan men-double klik folder tersebut padahal itu bukanlan folder melainkan file virus yang menyamar menjadi folder. Bahkan, beberapa virus sudah sedemikian pintar. Dia akan otomatis bekerja ketika flashdisk dicolokkan ke port USB. langsung bekerja tanpa harus diklik. hmm… tambah seremzz ya…

Menghindari / mencegah serangan virus, menurut aat shadewa dalam petikan wawancara dengan echo.or.id mengatakan bahwa, bukan pada teknologi antivirus yang digunakan. Tetapi lebih pada user yang menggunakan komputer tersebut. Ketika user sudah mempunyai ilmu pengetahuan tentang virus, maka akan kecil kemungkinan komputer mereka akan terserang virus. Kira- kira seperti itulah yang diungkapkan oleh aat_shadewa(pakar virus komputer, Admin virologi.info)

Nah, Setelah mengenali cara penyebarannya, berikut ini adalah tips dan triknya supaya komputer kita tidak mudah terserang virus.

  1. Install Antivirus

Menginstall antivirus merupakan tindakan yang paling mendasar untuk mencegah komputer terserang virus. Ketika sedang mencopy data dari flashdisk, dan ternyata di flashdisk tersebut ada virus, dan ternyata antivirus sudah mengenali virus tersebut, maka antivirus akan beraksi dan memberitahukan kepada kita tindakan yang harus diambil. baik itu di karantina, diperbaiki ataupun dihapus. Mengenai sofware antivirus mana yang harus digunakan, kita juga harus pintar mimilih dan memilah. Antivirus ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. tetapi bukan berarti yang berbayar lebih baik dari yang gratis, belum tentu juga. Tetapi, kalo saya sarankan, kalo memang memiliki anggaran yang ckup, gak ada salahnya membeli antivirus. tetapi kalo memang mau yang gratisan juga banyak. Berikut ini adalah nama - nama antivirus yang gratis : AVG, Antivir, Comodo . Tetapi, apapun antivirusnya, pastikan kita selalu mendapatkan update yang terbaru. karena virus selalu selangkah lebih maju dari antivirus.

  1. Mematikan Fasilitas Autorun

Fasilitasi ini pada awalnya digunakan pada CD-Rom yang kalo dimasukkan, maka secara otomatis program akan dijalankan. Secara teknis, hal ini dilakukan dengan membuat file autorun.inf yang berisi informasi sebagai berikut :

[autorun]

open=program.exe

icon=gambar.ico

kira - kira seperti itulah isi file autorun. Intinya, kalo fle itu simpan di CD-Rom ato di Flashdiak, pada komputer yang masih mengaktifkan fasilitas autorun, program.exe akan dijalankan secara otomatis. Hal tersebut dimanfaatkan oleh virus. Begitu kita memasukkan flashdisk kita ke komputer teman kita yang sebelumnya sudah terkena virus, virus akan mengkopikan dirinya dan file autorun.inf kemudian begitu kita masukkan ke komputer kita, jika virus tersebut belum dikenali oleh antivirus, maka virus tersebut akan bekerja dan komputer kitapun sudah kena virus.

Oleh karena itu, untk menghindari hal tersebut, ada baiknya fasilitas autorun kita matikan. Untuk mematikan fasilitas autorun, ada beberapa cara. Cara yang pertama adalah dengan menekan tombol shift keyboard sewaktu memasukkan Flashdisk. repot jugaa… atau dengan cara lain yaitu mengubah registry

Klik Start -> Run kemudian ketik Regedit kemudian cari sebuah value yang terletak di HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\
CurrentVersion\Policies\Explorer
Kemudian Double klik pada value NoDriveTypeAutoRun kemudian ganti nilainya dengan ff kemudian log off atau restart komputer.

  1. Install Themes

Trik yang lain adalah dengen menginstall theme. Theme bisa membantu kita untuk mengenali file virus atau bukan. Tampilan standard windows, warna folder biasanya berwarna kuning. hal ini dimanfaatkan oleh virus untuk menyamar. Virus menggunakan icon folder windows yang berwarna kuning untuk mengelabui kita sebagai pengguna. Dengan menginstall theme, tampilan windows akan berubah drastis, mulai dari bentuk start menu sampai warna folder. Misalkan kita menginstall Crystal_Pack_XP. dimana theme ini akan mengubah warna folder menjadi warna biru. Jika masih ada folder yang berwarna kuning, artinya itu adalah virus yang menyamar. dan langsung delete ajah…Folder

Contoh gambar di atas, yang benar - benar folder adalah Tugas akhir sedangkan New Folder itu adalah virus yang menyamar dengan icon folder. Jelas kan ?

  1. Install DeepFreeze

Cara ini adalah cara yang paling ampuh supaya komputer 100% tahan virus. dengan menginstall deepfreeze, kita bisa memilih drive harddisk mana yang ingin dibekukan. Cara kerja software ini adalah membekukan drive tertentu. biasanya drive C: dimana di drive ini, OS windows di install. Jika terjadi perubahan isi dari drive tersebut, secara otomatis akan kembali ke kondisi semua ketika komputer restart. termasuk virus. Ketika komputer kita terserang virus dan sulit untuk dibasmi, tetapi sebelumnya sudah menginstall software deepfreeze, restart aja, maka simsalabim…. drive C: akan kembali ke kondisi sediakala. tetapi yang perlu di ingat adalah, jangan sekali2 nyimpan data di C: karena akan hilang ketika komputer restart. Simpan datanya di drive D: ajah…

Atau jika anda menggunakan sistem operasi windows dan merasa bosan dengan virus, yang selalu saja ada bahkan makin tambah syeremz…. gk ada salahnya mencoba sistem operasi bebas virus yaitu LINUX. Ok…. semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: